caption

Mobil Avanza 90% PASTI Mengalami Hal Ini

Posted on

saya akan menjelaskan 5 hal yang sering dialami pemilik avanza Nah, seperti yang kita tau, Avanza itu adalah mobil legendaris semua orang Dan, mobil legendaris ini memang dibikin yang awal-awal dibikin begitu kuatnya Sehingga, biasanya problemnya jauh lebih sedikit Saya sendiri juga punya Avanza,

 

Karena, memang kita memiliki ikatan emosional yang cukup dalam Kenapa?

 

Ketika hari itu saya lulus kuliah, itu adalah mobil pertama yang saya beli Karena duit saya, waktu semenjak saya kuliah saya kerja itu, hanya cukup untuk DP-in mobil Avanza Kemudian saya cicilin setiap bulan, sampai lunas, sampai hari ini pun saya masih pake itu Avanza Kenapa? Karena memang mobilnya masih enak, dan mesinnya masih bagus Makanya, saya membuat 5 hal yang sering di alami pemilik mobil Avanza, berdasarkan pengalaman saya Jadi, kalo anda mau komplen, mau marah-marah, gak begitu begini begitu, suka suka..

 

...

 

Karena kenapa? Saya gak pusing Nomor 1 adalah, mesin mengelitik Ini sering banget, Apalagi, ketika dulu saya baru lulus kuliah masih pake bensin BPJS.. yaitu bensin premium Nah, itu parah banget bensinnya.. Biasanya, satu kali kita pake bensin itu, besokannya juga udah ngelitik.. Kalo anda gak mau ngelitik, ya berarti di tune up dulu, terus pake bensin yang lebih bagus, itu wajar Kemudian, yang nomor dua adalah Overheat Avanza ini kan identik dengan dipakenya lama, karena kan mobilnya memang bandel..

 

 

Jarang rusak, jarang aneh-aneh.. Nah, biasanya si pemilik mobil ini melupakan untuk penggantian coolantnya Nah, ketika dia sudah dipakai lebih dari 3-4 tahun itu dan lebih dari itu, biasanya coolant itu..

 

BACA JUGA :   Nonton Disini! Film Fast & Furious Sudah Hancurkan 1.400 Mobil

Dia sudah mulai berkerak Dan, habis itu dia lupa ganti dan dipakai terus, biasanya kerak itu menyumbat nih, di radiator atau di termostat Karena itu, habis itu flow air radiatornya jadi gak lancar Ketika dia gak lancar, dia bisa jadi panas atau overheat Kemudian, overheat itu bisa diakibatkan juga dengan kipas, motor fan, kipas radiator yang gak nyala Itu saya pernah kejadian sekali, memang kipasnya gak nyala, mati dijalan.. tiba-tiba temperaturnya naik sendiri Nah, itu kita ganti motor fannya aja, gak usah sama kipas-kipasnya itu biasanya juga langsung beres Nah, yang ketiga adalah AC Panas AC Panas itu kalo di Avanza..

 

 

Memang, variasinya bermacam-macam ya, cuman ketika mobil itu dirawat.

 

Biasanya sih, paling mentok juga karena magnetic clutchnya Magnetic clutch itu tetep ada umur.. biasanya umurnya sekitar 40ribuan kilometer, sampai 90ribuan kilometer.. itu biasanya dia ganti.. Kenapa? Yang namanya Clutch itu adalah kopling, jadi pasti ada umur pakainya Kalo nggak, ya paling ada kebocoran.. atau kompressornya ngejam, atau radiatornya panas, itu juga bisa menyebabkan AC panas Nah, biasanya ketika kita rawat AC ini dengan bener..

 

AC Avanza saya sampai dengan detik ini, hanya pernah ganti magnetic clutch.. Itu sudah 9 tahun dan kilometer sudah 130ribu mungkin.. Ini saya mau membuktikan bahwa memang mobil ini tuh badak, enak dipake Ketika kita rawat dengan bener, itu mobil itu tuh gak nyusahin gitu loh..

 

 

Nah, yang nomor 4 adalah mesin bergetar Nah, mesin bergetar itu ada beberapa faktor, faktor paling besarnya adalah si koil mati atau businya mati.. Pengapian mati salah satu, berarti 4 silinder gak bekerja empat-empatnya, hanya bekerja tiga..

BACA JUGA :   Jasa Pengiriman Mobil Ke Kalimantan

 

itu biasanya pincang dan dia bergetarnya keras Kalo ketika di starter.. itu bunyi ‘krek’, nah biasanya itu, ada salah satu dari engine mounting yang memang sudah rusak dan itu harus diganti.. Nah, tapi pada umumnya Avanza itu biasanya kalo gak koil, busi lah..

 

Gak jauh-jauh sih dari itu sih.. Yang ke 5 adalah, remnya bergetar Rem bergetar itu, terjadi ketika kita sudah ganti kampas rem beberapa kali Biasanya, ketika kita injek rem itu, kampas rem nge-press ke disk brake nya, dan disk brakenya itu kayak dibubut Ketika kita ganti kampas rem yang baru, disk brake nya ini bergelombang.. Itu biasanya kalo kita raba disk brakenya itu kayak ada.. groovenya lah, kayak ada serat-seratnya gitu lah Nah, itu biasanya yang akan membuat ketika diinjek rem, remnya itu bergetar Itu solusinya ada 2.. Anda bisa ganti baru, karena kenapa?

 

Karena si disk brake ini gak terlalu mahal harganya untuk Avanza Atau anda bisa bubut Nah, cuman kalo bubut cari tukang bubut yang jago biasanya kalo dibubutnya gak jago, itu nanti malah bergetar lagi lebih parah lagi Ketika itu sudah anda ganti, ketika dia nginjek remnya dengan bener, dia gak bergetar lagi Yang nomor 6, saya tambahkan lagi satu lagi sedikit dan ini banyak saya temukan di Avanza yang jenis Veloz Itu biasanya..

 

 

Ketika mesinnya sudah dimatikan, dan kuncinya sudah dicabut.. dan orangnya sudah mengunci pintu dengan alarm, biasanya kipas radiatornya masih tetep nyala Nah, itu beberapa orang memang panik, kenapa? Kalo kipas radiatornya nyala, itu akan nyala terus sampe akinya mati, akinya tekor.. Itu biasanya karena sensor Engine Coolant Temperature, atau ECT nya rusak Bisa jadi rusak, bisa jadi putus Itu, ya sama aja lah gitu loh..

BACA JUGA :   Jual Mobil Xenia Type M tahun 2014

 

Kalo putus berarti kabelnya yang putus, kalo rusak berarti sensornya yang rusak Biasanya ketika sensor itu rusak, si ECU mengirimkan perintah ke si kipas radiator untuk nyala Kenapa? Karena dianggapnya oleh ECU..

 

 

Coolantnya itu terlalu panas.. Jadi, harus didinginkan Mungkin sekian dulu penjelasan dari saya Lung Lung Dokter Mobil Thanks!.

 

 

Read More: Ini informasi Lirik dan Chord Lagu Dalan Liyane – Hendra Kumbara

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *