Langkah Mudah ternak kelinci tanpa ngarit ,Anda Juga Bisa

Posted on


Langkah Ternak Kelinci Tanpa Ngarit buat anda coba- kelinci adalah hewan ternak yang banyak disukai oleh beragam kelompok dimulai dari anak anak sampai dewasa.kelinci sebagai hewan yang lucu juga gampang dipiara.


Kelinci juga rawan pada penyakit contoh kudis yang kadang membuat kesehatan kelinci terusik dan benar-benar menyebar pada kelinci kelinci lainnya.


Budidaya kelinci termasuk Gapang mudah gampang untuk kita bangun karena apa.berternak kelinci bisa mengalami perkembangan cepat sekali karena kelinci sanggup hasilkan anak sekali melahirkan dapat belasan ekor anak kelinci.tapi tidak semulus saat memperbesar.karena anak kelinci dilahirkan dari bayi atau istilah cindil yang rawan pada penyakit dan mengusik perkembangan.


Kelinci sebagai hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. Kelinci termasuk juga hewan yang ngetrend untuk diternakkan. Daging kelinci saat ini mulai disukai oleeh warga, ini karena struktur daging yang empuk dan rendah lemak.

Di dusun saya banyak ditemui peternak kelinci. Mereka membudidayakan kelinci tipe pedaging, hias, sampai untuk kontes. Harga kelinci juga bervariatif, bergantung dari tipe, umur, dan bulu-bulunya.

Makin bertambahnya peternak, banyak pula yang kagum dengan Ternak Kelinci Tanpa Ngarit. Umumnya yang “mabuk” ternak tanpa ngarit itu ialah pemula. Mereka cuman menyaksikan senior-senior yang sudah sukses beternak kelinci.

Banyak kasus anak kelinci yang mati dan cuman beberapa saja anak kelinci yang sukses hidup.
Disamping itu kelinci juga riskan akan gempuran dari hewan buas lainnya untuk dimakan contoh kucing atau gogog yang setiap menyaksikan kelinci tentu terus jadi makanan untuk ditangkap
Jadi seharusnya kelinci dibuatkan kandang khusus untuk memiara kelinci supaya bebas dari teror gempuran hewan buas.

Langkah Ternak Kelinci Tanpa Ngarit Untuk Pemula


Harus dipahami rekan teman Ngapak jika Tipe kelinci yang diperbudidayakan atau dirawat ada dua, yang pertama tipe kelinci hias dan yang ke 2 tipe kelinci pedaging atau untuk pada menjualbelikan sebagai lauk. Kelinci hias umumnya cuman digunakan sebagai hiasan atau cuman dijadikan sebagai hewan piaraan saja misalkan kucing.

Tipe kelinci pedaging biasanya memang menyengaja diperbudidayakan buat diambil dagingnya dan digunakan sebagai lauk. Contohnya; sate kelinci. Anda menjadi penyuplai daging kelinci buat restaurant- restaurant yang jual daging kelinci.


Kelinci dalam biasanya dikasih pakan rumput atau wortel buat kulineran sehari- hari. Tetapi, dijaman misalkan sekarang ini telah jarang-jarang anak muda yang ingin cari rumput (ngarit) cuman buat sekadar memberikan makan kelinci. Supaya Anda sukses beternak kelinci, Anda sanggup memberikan kelinci Anda dengan makanan alternative yang ada di sekitar Anda.


Kelinci ini selainnya mampu diambil dagingnya buat dimakan, Anda pun mampu manfaatkan kulit dan bulu-bulu woolnya buat industri baju tas. Sayang, di Indonesia kulit dan bulu-bulu kelinci ini belum juga berkembang dan jarang-jarang dipakai. Itu penyebabnya beberapa peternak kelinci biasanya beternak kelinci cuman buat jadi kelinci pedaging saja.


Ternak kelinci tanpa ngarit sanggup Anda coba dengan pemberian pakan selainnya rumput. Umumnya beberapa peternak besar memberi pelet buat kelinci mereka. Lantas bagaimana memakai peternak kelinci pemula yang baru beternak kelinci beberapa ekor? jika diberi pakan pelet pasti rugi, terkecuali jika memang menjaga kelinci dengan arah untuk kesenangan dan hoby saja.

BACA JUGA :   Cara Setting Modem Smartfren Andomax M2P Sebagai Wifi Extender


Bila Anda ingin beternak kelinci, tapi terhalang pada pakan pelet yang mahal, Anda dapat coba memberi pakan langkah lain yang termasuk murah dan sanggup dibuat di sekitar Anda. Pakan alternative itu diantaranya ialah seperti berikut:


1.Bekatul atau dedak hasil sampah penggilingan padi,Jalan keluar ternak kelinci tanpa ngarit yang pertama sebagai dengan menggunakan pakan dedak. Bekatul atau dedak dapat Anda peroleh pada tempat penggilingan padi. Harga pasti lebih murah dibanding dengan pelet kelinci. Dedak ini diberi pada kelinci nir utuh dedak saja, tetapi dimix memakai bahan kulineran lain.

  1. Dedak terigu buat pakan sapi
    jika tidak ada dedak, Anda dapat menukarnya memakai dedak gandum yang umum dipakai buat pakan sapi. Harga masih tetap termasuk murah dibanding pada harga pelet.
  2. Ekstrak ayam pedaging
    Ekstrak ayam pedaging sanggup diberi jadi kombinasi pakan kelinci.
  3. Molases atau tetes tebu
    Molases atau tetes tebu ini mampu Anda tambah pada adonan pakan kelinci seukur tutup botol saja.
  4. Ampas tahu
    Ukuran untuk pakan kelinci yang cocok sebagai jejeran di antara bekatul, ekstrak dan ampas tahu. Anda sanggup atur perbandingannya digantisuaikan dengan keperluan. Tidak ada dasar ukuran detil. Untuk awal- awalnya kemungkinan pakan ini nir akan habis, tapi buat seterusnya kelinci Anda akan terlatih dan ingin habiskan semua pakan yang ada.
  5. Ampas ubi kayu
    Anda bisa juga memberi ampas ubi kayu buat kelinci Anda.
  6. EM 4 (dapat Anda beli ke penjual pakan ternak)
    EM4 ini sanggup Anda peroleh pada toko khusus pakan ternak. EM4 ini sanggup Anda tambah pada pakan satu tutup botol saja.
  7. Nasi tersisa
    Jalan keluar ternak kelinci tanpa ngarit seterusnya sebagai memakai menyimpan nasi tersisa. Pakan yang ini, biasanya kerap kita temui jika ada nasi tersisa kemaren. Nasi endapan kemaren biasanya akan sayang jika dibuang demikian saja. Bila dikonsumsi kembali biasanya telah keras, sebagai mengakibatkan banyak yang sudah nir ingin dan pilih buat makan nasi baru. Dari dalam mubadzir, nasi endapan ini mampu lho dijadikan adonan buat pakan kelinci! Anda cukup menambahkan nasi endapan berbahan pakan lain.
  8. Daun pepaya
BACA JUGA :   Full No Sensor 4 Bersaudara Viral Buka Baju di TikTok, Twitter, Telegram: Link Video Masih Diburu Netizen

Daun yang ini, selainnya mampu dijadikan kulupan atau sayur, sanggup dijadikan sebagai pakan kelinci. Walau getir tetapi daun pepaya ini kandungan gizinya tinggi sekali sebagai mengakibatkan bagus untuk perkembangan kelinci Anda.

  1. Kangkung

Sayur satu ini sebagai yang tersering digunakan si beberapa peternak kelinci rasio mini untuk dijadikan sebagai kulineran kelinci. Harga yang lebih murah dibanding dengan pelet kelinci pasti lebih memberikan keuntungan beberapa peternak. Walau demikian, Anda harus tentukan sauran yang berkualitas, karena jika salah sedikit saja, karena itu kelinci Anda akan mati.


Mudah-mudahan berguna dan rekan teman Ngapak bisa mengawali usaha ternak kelinci secara benar.
Ternak kelinci tanpa ngarit

Tidak cuman sampai di sana, di youtube, dan internet betebaran panduan beternk kelinci yang sederhana tanpa ngarit. Walau sebenarnya mereka belum pasti sukses di perkelincian. Bisa saja mereka cuman hoby saja, tetapi mempunyai pasar tertentu untuk membagikan kelinci yang dipunyai.

Ternak kelinci tanpa ngarit memanglah tidak salah, yang keliru itu bila kita lupa dan mabuk kalimat itu lalu ikutan saja tanpa ada penghitungan yang masak.
Ternak Kelinci Tanpa Ngarit

Pemikiran Ternak kelinci tanpa ngarit

  1. Kelinci Hewan Herbivora
    Kelinci itu hewan herbivora, pemakan tumbuhan, rumbut, dan hijauan. Benar-benar salah bila kita beternak kelinci tanpa memberikannya rumput (ngarit).
    Tetapi jika pakan rumput kan kelincinya kurus, gak gendut?
    Rumput yang kamu kasih itu rumput apa? jika rumput tipe lega atau sawah ya pantes. Karena kandungan gizinya sedikit. Kita sebagai peternak harus cermat dan pintar lur, mencari rumput dan hijauan yang memiliki kandungan banyak gizi untuk kelinci. Jangan cuman ngarit, kelak cape sendiri.
  2. Ongkos Pakan
    Di wilayah saya banyak peternak yang memberikan makan kelinci dengan ampas tahu dan pelet. Bahkan juga umumnya senior memakai pakan full pelet. Ya benar-benar sangat bagus sang dari sisi bulu-bulu dan perkembangan. Tetapi benar-benar tidak bagus untuk kantong.
    Sebetulnya boleh-boleh saja bila tiap bulan bisa juga jual anakan kelinci.
    Ini dech, misalnya satu minggu sekali kita membeli ampas tahu dengan harga 20 ribu, karena itu dalam satu bulan kita perlu 80 ribu untuk pakan kelinci. Semakin kebingungan kan jika cuman memercayakan ternak? Oleh karenanya kita harus ngarit untuk kombinasi pakan supaya kantong tidak boncos.
  3. Marketing
    Ongkos pakan dan marketing ini sebanding lempeng sob. Bila kita mempunyai pasar tertentu dan sanggup jual ternak sendiri tiap bulan, keuangan bisa selamat. Tetapi bila kita tidak mempunyai pasar sendiri dan cukup sulit untuk jual produk sendiri ya keuangan akan kritis.
    Kenapa ongkos pakan lurus sebanding dengan marketing?
    Jadi ini sob, saat kita mempunyai ternak dan dikasih pakan yang cocok dan perawatan yang oke, karena itu kita inginkan nilai jual yang tinggi kan? Tetapi apa yang terjadi bila kita tidak mempunyai pasar? pasti yang nawar akan jauh dari harga standard. Nach permasalahan berikut yang kerap dirasakan oleh peternak pemula. Umumnya pemula akan pailit karena permasalahan ini.
    Penyiapan Untuk Ternak Kelinci
  4. Siapkan bank pakan
    Yakinlah wahai teman dekat, jika pemula coba beternak tanpa ngarit itu bulshit. Tentu akan tekor di pakan, tentu akan boncos di pakan. Kelinci itu hewan herbivora, pemakan tumbuhan, sebaiknya kita berikan mereka dengan pakan hijauan. Tetapi tidak boleh rumput lega / sawah kali. Kita harus menyiapkan bank pakan untuk ternak.
BACA JUGA :   University Best America Edu

Jika punyai kebun sendiri, coba tanami bibit odot, indigofera, kelor, katu, dan yang lain untuk pakan ternak. Di kebun harus juga ditanam suatu hal yang hasilkan atau bisa dipasarkan, misalkan pohon pisang, pepaya, dan pohon jambu.

Rumput / tanaman itu mempunyai kandungan protein yang tinggi, hingga bila dikasih ke kelinci, karena itu kelinci akan cepat gendut. Lain dengan rumput lega/ sawah, tentu ternak tidak gemuk-gemuk.

Buat kandang


Yakinkan saat sebelum kamu membuat kandang, kamu sudah mempunyai penelitian dan gagasan berkenaan tipe kelinci ang akan kamu piara. Apa nanti akan memiara kelinci bentuk besar, atau kelinci dengan bentuk yang kecil. Baiknya kandang kelinci setiap plong/ kotak/ lubang memiliki ukuran 60×70 cm. Ini supaya kelinci tidak berasa sempit dan ia bisa bergerak lebih bebas.

Yakinkan kalian akan buat kandang dari kayu dan bambu atau dari kawat galvanis. Karena dari ke-2 nya mempunyai ketidaksamaan harga dan ketahanan. Samakan dengan keuangan sahabat semua ya

Tentukan indukan yang baik


Inget sob, tidak boleh tergoda dengan harga terjangkau. Pastikanlah kamu pilih calon indukan yang baik dari sisi bentuk, bulu-bulu, dan turunannya. Indukan yang baik akan hasilkan anakan yang baik juga. Tidak boleh malu untuk selalu cari yang terbaik untuk isi kandang.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *