Ini Cara Upload Web Localhost ke Hosting Gratis

Posted on

Kenapa Perlu Mengupload Website ke Hosting Gratis?

Sebelum kita membahas tentang cara mengupload web localhost ke hosting gratis, kita perlu tahu dulu mengapa ada kebutuhan untuk melakukan hal tersebut. Ada beberapa alasan mengapa kita perlu mengupload web lokal kita ke hosting gratis. Pertama, jika kita ingin membuat web kita bisa diakses oleh orang lain di seluruh dunia, maka kita perlu menempatkan web tersebut di server yang bisa diakses secara online. Kedua, jika kita ingin mengembangkan kemampuan membuat web, maka kita perlu belajar cara mengupload web ke hosting.

Persiapan sebelum Mengupload Web Localhost ke Hosting Gratis

Sebelum kita mulai mengupload web localhost ke hosting gratis, ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Pertama, pastikan kita sudah memiliki web yang sudah dibuat di localhost. Kedua, kita perlu mencari hosting gratis yang dapat digunakan. Ada banyak penyedia hosting gratis seperti 000webhost, InfinityFree, ByetHost, dan sebagainya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kita dan pastikan hosting tersebut mendukung bahasa pemrograman yang digunakan pada web kita. Ketiga, kita perlu menyiapkan koneksi internet yang stabil untuk menghindari terputusnya proses upload.

Cara Mengupload Web Localhost ke Hosting Gratis

Setelah semua persiapan sudah dilakukan, maka kita dapat mulai mengupload web localhost ke hosting gratis dengan langkah-langkah berikut ini:

Pastikan kita sudah melakukan backup web kita sebelum melakukan upload untuk menghindari kehilangan data jika terjadi kesalahan.

Buka panel hosting kita dan cari bagian File Manager atau FTP. File Manager adalah alat bawaan dari panel hosting yang dapat kita gunakan untuk mengelola file hosting kita. FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk mengirim file dari komputer kita ke server hosting.

BACA JUGA :   Cek Disini, Dapat Cuan dari Saham JYP Entertainment

Pilihlah folder atau direktori di hosting yang akan menjadi tempat penyimpanan web kita. Biasanya folder yang digunakan adalah public_html.

Buka File Manager atau FTP pada komputer kita dan cari direktori tempat web kita disimpan di localhost.

Pilihlah semua file yang ada di direktori tersebut dan pindahkan ke folder yang sudah kita pilih di hosting dengan menggunakan fungsi drag and drop atau copy paste.

Tunggu hingga proses upload selesai dan pastikan semua file sudah terupload dengan benar.

Cek kembali web kita dengan membuka URL web kita pada browser. Jika web kita sudah bisa diakses, maka proses upload sudah berhasil dilakukan.

Kesimpulan

Mengupload web localhost ke hosting gratis tidaklah sulit jika kita sudah mempersiapkan semuanya dengan baik. Dengan mengupload web kita ke hosting, maka web kita dapat diakses oleh orang lain di seluruh dunia dan kita dapat mengembangkan kemampuan membuat web dengan lebih baik. Jangan lupa untuk selalu melakukan backup sebelum melakukan upload untuk menghindari kehilangan data. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online atau membangun website untuk keperluan pribadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat website. Setelah itu, website yang dibuat dapat diupload ke hosting gratis agar dapat diakses oleh pengunjung. Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang cara upload web localhost ke hosting gratis.

Mengenal Localhost dan Hosting Gratis

Sebelum membahas tentang cara upload web localhost ke hosting gratis, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu localhost dan hosting gratis. Localhost adalah istilah yang digunakan untuk menyebut komputer yang digunakan sebagai server untuk mengembangkan aplikasi atau website secara lokal. Hosting gratis adalah layanan hosting yang disediakan oleh provider hosting untuk pengguna yang tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli domain dan hosting.

BACA JUGA :   Arti itu webhosting? Bagaimana cara menyewa host untuk membuat situs web

Keuntungan Menggunakan Hosting Gratis

Selain tidak perlu mengeluarkan biaya, penggunaan hosting gratis juga mempunyai beberapa keuntungan seperti:

  • Memperluas jangkauan website: website yang diupload ke hosting gratis dapat diakses oleh siapa saja dan dari seluruh dunia.
  • Mempelajari cara penggunaan hosting: dengan menggunakan hosting gratis, kita dapat mempelajari cara penggunaan hosting sebelum membeli hosting premium.
  • Memperluas kemampuan: dengan mengupload website ke hosting gratis, kita dapat memperluas kemampuan dalam membuat website.

Langkah-langkah Mengupload Web Localhost ke Hosting Gratis

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengupload web localhost ke hosting gratis:

Langkah 1: Backup Data

Sebelum melakukan upload, pastikan untuk melakukan backup terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data.

Langkah 2: Pilih Hosting Gratis

Pilihlah hosting gratis yang sesuai dengan kebutuhan dan pastikan mendukung bahasa pemrograman yang digunakan pada website Anda. Beberapa hosting gratis yang dapat digunakan antara lain:

  • 000webhost
  • InifinityFree
  • ByetHost

Langkah 3: Upload Data

Buka file manager di hosting dan cari direktori tempat website akan disimpan. Biasanya direktori yang digunakan adalah public_html. Selanjutnya, buka file manager pada komputer dan cari direktori tempat website disimpan. Pilih semua file pada direktori tersebut dan pindahkan ke direktori yang sudah dipilih di hosting. Tunggu hingga proses upload selesai.

Langkah 4: Cek Website

Cek kembali website dengan membuka URL pada browser. Jika website sudah bisa diakses, maka proses upload sudah berhasil dilakukan.

Kesimpulan

Mengupload web localhost ke hosting gratis tidaklah sulit jika kita sudah mempersiapkan semuanya dengan baik. Dengan mengupload web kita ke hosting, maka web kita dapat diakses oleh orang lain di seluruh dunia dan kita dapat mengembangkan kemampuan membuat web dengan lebih baik. Selalu lakukan backup

BACA JUGA :   Cek Disini, Dapat Cuan dari Saham JYP Entertainment
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *